Pages

Selamat Datang di Weblog Batik Candi Hasil Penelitian Tim Ristek Balai Arkeologi Yogyakarta

Ruang Lingkup

Secara umum, penelitian ini menyangkut beberapa aspek, yaitu aspek kultural, aspek teknologi, dan aspek sosial – ekonomi. Aspek kultural diwujudkan dalam bentuk penelitian arkeologi dengan sasaran utama berupa buah karya peradaban Mataram Kuna, sekitar abad VIII – IX Masehi, khususnya berupa ragam hias atau ornamen-ornamen yang dipahatkan pada candi dan arca di kawasan Prambanan.
Aspek teknologi diwujudkan melalui pengembangan dokumen digital, khususnya dokumen grafis berupa pengemasan data ragam hias candi dan arca dalam bentuk media interaktif (CD-Interaktif) dan dalam bentuk hard copy berupa kemasan semacam katalog. Aspek sosial – ekonomi dalam penelitian ini menyangkut keberadaan perajin batik di Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Komunitas ini pernah berjaya pada tahun 1950’an hingga 1960’an dan “terjerembab” hingga beberapa orang saja yang masih mempertahankan tradisi kerajinan batik akibat “tsunami” batik printing. 


Saat fenomena batik mulai menggeliat secara nasional dan internasional, semangat membangkitkan kembali kerajinan batik di Bayat mulai tumbuh kembali. Momentum inilah yang menjadi salah satu sasaran penelitian ini, yaitu memberikan  inspirasi bagi diversifikasi motif batik. Sumber yang digunakan untuk pengembangan pun memiliki benang merah secara kultural, yaitu ornamen-ornamen buah karya leluhur masa peradaban Mataram Kuna, suatu hal yang pasti tidak asing bagi mereka. Selain itu, hasil pengembangan dokumen digital tersebut juga dapat dijadikan sebagai bahan promosi, bagi keberadaan situs-situs candi maupun keberadaan perajin batik Bayat.



0 komentar:

Posting Komentar