Pages

Selamat Datang di Weblog Batik Candi Hasil Penelitian Tim Ristek Balai Arkeologi Yogyakarta

Ragam Hias Candi - Candi Ratu Boko


Kompleks Candi Ratu Boko terletak di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan,  Kabupaten Sleman, Propinsi DI Yogyakarta. Secara geografis, Kompleks Candi Ratu  Boko terletak pada 070 46' 09.8'' LS – 1100 29' 19.7''  BT. Kompleks Candi Ratu Boko didirikan sekitar abad VIII – X Masehi, dan  berlatar belakang agama Hindu dan Budha. Candi Ratu Boko merupakan kompleks sejumlah sisa bangunan yang berada kira-kira 3  km di sebelah selatan dari komplek Candi Prambanan,  18 km sebelah timur Kota Yogyakarta atau 50 km barat daya Kota Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.  Luas keseluruhan komplek adalah sekitar 25 ha.  Secara administratif, situs ini berada di wilayah Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman,  Yogyakarta dan terletak pada ketinggian hampir 200 m di atas permukaan laut.  Situs ini dicalonkan ke UNESCO untuk dijadikan Situs Warisan Dunia sejak tahun 1995.


  Berdasarkan prasasti Abhayagiriwihara  berangka tahun 792 Masehi yang menyebutkan bahwa fungsi Ratuboko sebagai wihara  juga sebagai tempat pemukiman dan perlindungan dari abad VIII sampai dengan X  Masehi. Sebaran bangunan dimulai dari sisi barat, timur laut, dan tenggara,  sedangkan bangunan yang tersebar luas itu dapat dibedakan menjadi dua  berdasarkan letaknya yaitu bangunan yang berada di bukit sebelah timur dan  sebelah barat. 
Bangunan-bangunan tersebut antara lain  gapura utama, talud dari bahan batu putih yang diperkuat dengan susunan batu  andesit, bangunan berdenah bujursangkar dan berteras dua buah, struktur  bangunan berupa jajaran umpak-umpak batu andesit yang terdiri atas 3 deretan  dan masing-masing deretan berjumlah 10 buah umpak yang dikelilingi oleh  dinding/pagar yang berdenah persegi panjang, pendapa, miniatur candi berjumlah  3 buah berdiri berderet utara-selatan   dengan arah hadap ke barat, kolam, keputren, dan gua pertapaan. 




Daftar Motif : RBK 01
Motif : Tumpal pada pilar
 Letak  : Pilar Gapura
 Batik : Motif utama dan tepian




Daftar Motif : RBK 02
Motif : Ceplok bunga di bawah singa
 Letak  : Tangga gapura
 Batik : Tepian 



Daftar Motif : RBK 03
Motif : Suluran
 Letak  : Tubuh gapura
 Batik : Tepian 



Daftar Motif : RBK 04
Motif : Jaladwara (makara) dan tempat air Jaladwara (makara semu)
 Letak  : Pagar langkan pendopo
 Batik : Tepian 



Daftar Motif : RBK 05
Motif : Tirai pita dan ceplok bunga
 Letak  : Gapura Keputren
 Batik : Tepian 



Daftar Motif : RBK 06
Motif : Ceplok bunga di bawah makara
 Letak  : Gapura Keputren
 Batik : Tepian 




0 komentar:

Poskan Komentar