Pages

Selamat Datang di Weblog Batik Candi Hasil Penelitian Tim Ristek Balai Arkeologi Yogyakarta

Ragam Hias Arca BP3 Jawa Tengah - Ganesha


Nama : Ganesha
Lokasi : Kantor Unit Candi Sewu  BP3 
Agama : Hindu

Ragam Hias Arca BP3 Jawa Tengah - Manjusri


Nama : Manjusri buddha
Lokasi : Kantor Unit Candi Sewu  BP3 
Agama : Buddha

Ragam Hias Arca BP3 Jawa Tengah - Dhyani Buddha


Nama : Dhyani Buddha
Lokasi : Kantor Unit Candi Sewu  BP3 
Agama : Buddha

Ragam Hias Arca BP3 Jawa Tengah - Kuwera


Nama : Kuwera hindu
Lokasi : Kantor Unit Candi Sewu  BP3 
Agama : Hindu

Ragam Hias Arca BP3 Jawa Tengah - Jambhala 3


Nama : Jambhala 3 Buddha
Lokasi : Kantor Unit Candi Sewu  BP3 
Agama : Buddha

Ragam Hias Arca BP3 Jawa Tengah - Jambhala 2


Nama : Jambhala 2 Buddha
Lokasi : Kantor Unit Candi Sewu  BP3 
Agama : Buddha

Ragam Hias Arca BP3 Jawa Tengah - Jambhala 1


Nama : Jambhala1 Buddha
Lokasi : Kantor Unit Candi Sewu  BP3 
Agama : Buddha

Ragam Hias Arca BP3 Jawa Tengah - Tokoh Dewa 2


Nama : Tokoh Dewa (2)
Lokasi : Kantor Unit Candi Sewu – BP3 
Agama : Buddha

Ragam Hias Arca BP3 Jawa Tengah - Tokoh Dewa 1

Nama : Tokoh Dewa (1)
Lokasi : Kantor Unit Candi Sewu – BP3 
Agama : Buddha

Ragam Hias Arca Palosan Lor - Dhyaniboddhisattva Vajrapani


Nama : Dhyaniboddhisattva Vajrapani
Lokasi : Candi Plaosan Lor
Agama : Buddha

Ragam Hias Arca Palosan Lor - Sarvanivaranawiskambhin


Nama : Sarvanivaranawiskambhin
Lokasi : Candi Induk Plaosan Lor
Agama : Buddha

Ragam Hias Arca Palosan Lor - Manjusri


Nama : Manjusri
Lokasi : Candi Induk Plaosan Lor
Agama : Buddha

Ragam Hias Arca Palosan Lor - Jambhala


Nama : Jambhala
Lokasi : Candi Plaosan Lor
Agama : Buddha

Ragam Hias Arca Palosan Lor - Dwarapala



Nama  : Dwarapala
Lokasi : Candi Plaosan Lor
Agama : Buddha

Lokasi Penelitian


Lokasi kegiatan penelitian meliputi situs-situs candi dan arca masa Mataram Kuna di kawasan Prambanan dan perajin batik di kawasan Bayat. Sasaran situs candi dan arca secara administrasi meliputi Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman, Yogyakarta dan Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Sementara itu, sasaran perajin batik Bayat secara administrasi berada di wilayah Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.



Susunan Tim

v Secara keseluruhan, tim penelitian terdiri atas Kepala Balai Arkeologi sebagai pengarah,Sugeng Riyanto sebagai koordinator, dan anggota tim yang terbagi atas dua kelompok. Kelompok tersebut adalah:

·         Kelompok ragam hias candi dan Arca terdiri atas Rita Istari dan Hery Priswanto
·         Kelompok perajin batik bayat terdiri atas Gunadi, Novida Abbas, dan M. Chawari
Selain itu, juga terdapat tim pendukung teknis, yaitu Andreas Eka sebagai dokumentalis, Hadi Sunaryo sebagai penggambar, Akunnas Pratama sebagai penanggung jawab teknis pengemasan media interaktif, dan Rochmawati Sholihah sebagai penanggung jawab media web blog.

Tujuan

Tujuan utama kegiatan ini adalah menyediakan bahan grafis untuk mendukung pengembangan motif batik Bayat. Bahan grafis tersebut bersumber dari ragam hias yang terdapat pada bangunan candi dan arca di kawasan Prambanan. Oleh karena itu dalam pelaksanaannya penelitian ini memiliki dua sasaran objektif, yaitu 1) candi dan arca di kawasan Prambanan untuk mendapatkan dokumen ragam dan motif hias dari masa Mataram Kuna, dan 2) perajin batik di Bayat untuk mengetahui seluk-beluk dan potensi pengembangan motifnya.

Secara khusus, tujuan penelitian ini meliputi:
1)    Mendapatkan gambaran populasi, keragaman bentuk hiasan, dan varian ragam hias yang terdapat pada candi dan arca di Prambanan dan sekitarnya
2)    Mengemas dokumen grafis hasil penelitian dalam bentuk CD-Inteaktif dan katalog berkenaan dengan aspek dekoratif sebagai bahan pendidikan dan promosi

Ruang Lingkup

Secara umum, penelitian ini menyangkut beberapa aspek, yaitu aspek kultural, aspek teknologi, dan aspek sosial – ekonomi. Aspek kultural diwujudkan dalam bentuk penelitian arkeologi dengan sasaran utama berupa buah karya peradaban Mataram Kuna, sekitar abad VIII – IX Masehi, khususnya berupa ragam hias atau ornamen-ornamen yang dipahatkan pada candi dan arca di kawasan Prambanan.

Latar Belakang


Sebagai heritage yang harus dilestarikan dan dipromosikan untuk berbagai kepentingan, bangunan candi menyimpan berbagai makna luhur yang antara lain tercermin pada kemegahan arsitektural, teknologi pembangunan, maupun filosofi desainnya. Namun di dibalik itu, sebagai buah karya adiluhung masa Hindu-Buddha, bangunan candi ternyata juga memiliki kekayaan estetika sebagaimana tergambar pada aspek dekoratif berupa pahatan-pahatan relief maupun unsur-unsur dekoratif pada arca yang biasanya menyertai bangunan candi.

Setidaknya ada tiga kategori aspek dekoratif  berupa relief yang dipahatkan pada bangunan candi, yaitu: 1) relief cerita, adalah visualisasi cerita berdasarkan kitab keagamaan masa itu maupun visualisasi cerita bertema pendidikan; 2) Relief tanpa cerita, adalah relief yang tidak menggambarkan alur cerita tertentu, biasanya berupa bentuk-bentuk hiasan atau symbol-simbol mitologi-religius; 3) relief candrasengkala, adalah relief yang menggambarkan figur (manusia, hewan, atau mahluk mitologis) yang dapat diartikan sebagai sebuah kalimat. Kalimat ini selanjutnya dapat diterjemahkan sebagai angka yang menunjuk pada tahun tertentu.